Asal Mula Orang Memelihara Hewan

Apakah kamu pernah penasaran bagaimana asal mula manusia bisa memelihara hewan? Ternyata hal ini sudah dilakukan oleh manusia sejak zaman dulu kala.

Tujuan mereka memelihara hewan tentunya beragam, ada yang memelihara untuk dijadikan sumber makanan, ada juga yang menjadikan hewan seperti teman sendiri. Bahkan ada manusia sudah memelihara hewan jauh sebelum ada yang mencatatnya.

Dahulu manusia merupakan makhluk hidup yang gemar berpindah-pindah tempat tinggal, tetapi setelah mereka memutuskan untuk memelihara hewan ternak, mereka pun mulai membangun rumah di tempat yang tetap.

Nah, sejak itulah manusia memutuskan untuk mengumpulkan harta benda dan juga hidup menetap menjadi masyarakat.

Hewan peliharaan sendiri merupakan hewan jenis apa pun yang dipelihara oleh manusia. Tujuannya adalah untuk menjadikan hewan tersebut teman manusia.

Manusia cenderung akan memberikan kasih sayang, menjaganya, merawatnya, dan tentunya membuat keduanya memiliki ikatan batin.

Hubungan antara manusia dengan hewan pun merupakan simbiosis mutualisme, di mana keduanya saling merasa diuntungkan. Manusia bisa mendapatkan teman, rasa hiburan, dan kesenangan, sedangkan hewan pun bisa mendapatkan perhatian, perlindungan, tempat tinggal, dan juga makanan yang cukup.

Ternyata hubungan seperti ini antara manusia dengan hewan memang sudah berlangsung cukup lama, bahkan sejak jaman prasejarah. Diperkirakan saat itu hewan peliharaan akan selalu ada pada setiap budaya dan juga peradaban.

Entitas hewan peliharaan sangat berkaitan dengan proses domestikasi hewan. Seperti misalnya anjing liar, di mana hubungannya dengan manusia membuat adanya hubungan kerja sama. Kemampuan anjing dalam melacak mangsa, rahang kuat, dan pandai dalam berburu membuat manusia mendapatkan keuntungan.

Ini dibuktikan dengan lukisan dan juga ukiran yang ada di perkemahan juga kuburan kuno. Jadi secara tidak langsung anjing pun mulai mengalami domestifikasi dan membuat mereka cocok untuk menjadi hewan peliharaan di rumah.

Keberadaan hewan peliharaan juga ada di Mesir Kuno, di mana mereka menemani manusia untuk berburu atau bahkan duduk di bawah kursi yang tertinggi.

Kucing juga menjadi hewan yang memiliki hubungan kuat dengan manusia. Meski pun sedikit bukti yang menunjukkan kalau kucing atau kuda merupakan hewan perliharaan sejak masa Paleolitik atau Mesolitik.

Baru sejak 2000 sebelum masehi, kuda tercatat ikut di dalam pertempuran. Selain itu kuda baru berkembang menjadi hewan tunggangan beberapa abad kemudian.

Diperkirakan juga kalau kucing tidak pernah menjadi hewan peliharaan hingga abad ke-16 SM, tepatnya pada masa Kerajaan Baru di Mesir.

Banyak yang merasa kalau dugaan ini cukup janggal, karena kala itu penduduk di Mesir Kuno sudah menjinakkan beragam jenis hewan, seperti singa, hyena, monyet, angsa, dan anjing.

Kucing adalah hewan yang populer untuk dipelihara setelah ia mengalami domestifikasi. Bahkan kucing menjadi hewan yang dimuliakan. Ikatan ini pun bisa dilihat dalam mitos, seni, dan juga karya sastra.

Kini jenis hewan peliharaan juga semakin beragam, mulai dari kucing rumahan sampai reptil berbahaya.