Sejarah Komputer Sejak Dulu Hingga Kini

Sebagian besar aktivitas yang dilakukan masyarakat di era modern ini dilakukan di komputer, apalagi di masa pandemi seperti ini dimana semua aktivitas sudah serba online.

 Perangkat komputer yang semula hanya untuk menunjang pekerjaan kini telah menjadi kebutuhan masyarakat.

 Sebelum komputer diberikan fitur canggih seperti sekarang ini, komputer mulai berkembang dengan inovasi sederhana yang lahir pada abad ke-19.

 Komputer pertama ditemukan pada tahun 1822 oleh matematikawan Inggris Charles Babbage. Pertama, Babbage ingin mengembangkan mesin hitung bertenaga uap yang dapat menghitung tabel angka.

 Mesin itu kemudian disebut “Difference Engine 0” dan dianggap sebagai komputer pertama di dunia. Bentuk dari Difference Engine 0 sendiri sangat berbeda dengan kebanyakan model komputer modern saat ini.

 Namun, prinsip pengoperasian mesin ini sesuai dengan komputer modern yang dapat menghitung atau menghitung angka.

 Pada tahun 1890, seorang penemu bernama Herman Hollerith merancang sistem peta yang dapat menghitung hasil sensus AS tahun 1880.

 Berkat inovasi ini, Hollerith mampu menghemat anggaran negara hingga 5 juta dolar AS. Hollerith terus mengembangkan potensi teknisnya hingga akhirnya berhasil mendirikan perusahaan komputer IBM.

 Cikal bakal komputer digital pertama dikembangkan pada tahun 1930.Alan Turing adalah orang pertama yang mengembangkan mesin.

 Dia adalah seorang matematikawan sukses yang mengembangkan mesin yang dapat mengeksekusi serangkaian perintah.

 Berkat kontribusinya, mesin itu kemudian disebut mesin Turing, termasuk simulasi idenya yang disebut tes Turing.

 Komputer digital pertama dikembangkan oleh Konrad Zuse, seorang insinyur mesin Jerman. Sebelum Perang Dunia II pecah, Zuse membangun komputer digital pertama yang dapat diprogram yang disebut Z1.

 Pada tahun 1936 ia membangun pelat logam dan pena di ruang tamu orang tuanya di Berlin dan membangun mesin yang dapat melakukan perhitungan penjumlahan dan pengurangan.

 Meskipun model komputer awal ini hancur dalam Perang Dunia II, Zuse dikreditkan dengan menciptakan komputer digital pertama.

 Selama Perang Dunia Kedua yang terjadi tepatnya pada tahun 1943, John Mauchly berhasil mengembangkan mesin yang disebut Electronic Numerical Calculator and Integrator (ENIAC). Awal dari perkembangan ENIAC adalah untuk membantu tentara memprediksi serangan.

ENIAC sendiri dilengkapi dengan kemampuan analitik yang dapat menghitung ribuan soal dalam hitungan detik, berat ENIAC mencapai 30 ton dan membutuhkan lahan seluas 457 meter persegi untuk menempatkan mesin.

 Hal ini disebabkan banyaknya komponen pendukung yang dimiliki ENIAC, seperti 40 kabinet, 6.000 sakelar, dan 18.000 tabung vakum.

 Pada tahun 1954, seorang ilmuwan komputer bernama Grace Hopper pertama kali menciptakan bahasa pemrograman yang disebut COBOL, yang dikembangkan untuk membantu pengguna komputer menerjemahkan perintah dalam bahasa Inggris.

 Dahulu, pengguna komputer hanya dapat memberikan instruksi kepada komputer dengan rangkaian angka, sejak itu dengan berkembangnya komputer, bahasa pemrograman pun ikut berkembang.

 Kemudian dikembangkan bahasa pemrograman baru yang disebut FORTRAN, yang dikembangkan pada tahun 1954 oleh tim pemrograman IBM di bawah arahan John Backus.

 Sebagai perusahaan yang digerakkan oleh teknologi, IBM ingin memimpin tren komputasi global. perangkat yang disebut IBM 650, yang akan dipasarkan secara besar-besaran.

 Pada tahun 1965 komputer dikenal sebagai alat untuk matematikawan, insinyur dan masyarakat umum.Komputer tersebut dikenal sebagai Programma 101.

Dibandingkan dengan ENIAC, ukuran Programma 101 jauh lebih ringkas. Komputer ini seukuran mesin tik, beratnya 29 kg, dan memiliki built-in printer.

 Tahun 1970-an dapat dianggap sebagai era kelahiran komputer pribadi, ditandai dengan kemunculan Xerox Alto, komputer pribadi yang dapat melakukan perintah seperti mengirim email dan mencetak dokumen.

 Yang paling membedakan dari Xerox Alto adalah desainnya yang menyerupai komputer modern, di mana komputer ini dilengkapi dengan mouse, keyboard, dan display.

 Beberapa penemuan penting dibuat pada tahun yang sama, termasuk floppy disk, Ethernet, dan chip DRAM (Dynamic Access Memory).

Sementara itu, Apple didirikan pada tahun 1976 oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak.Keduanya juga menghadirkan Apple I, komputer sirkuit tunggal pertama.

Desain komputer pribadi kemudian disempurnakan oleh IBM melalui perangkat yang disebut Acorn. Komputer ini dilengkapi dengan chip Intel, dua slot disket, keyboard, dan monitor berwarna.

 Beberapa penemuan lain ditemukan kemudian pada tahun 1983. CDROM secara resmi tersedia sebagai perangkat penyimpanan yang dapat menyimpan data hingga 550MB. CDROM kemudian ditetapkan sebagai standar umum untuk komputer.